Kamis, 10 Maret 2011

LAN pada Windows 7 menggunakan Wireless Ad Hoc

Dengan LAN (Local Area Network) banyak yang bisa dilakukan antar komputer. Misalnya Sharing files, atau berbagi konseksi internet. Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai pembuatan LAN menggunakan Wireless Ad Hoc.

Jika komputer atau laptop kalian memiliki fasilitas wireless dan menggunakan windows 7, itu berarti komputer kalian siap untuk berbagi dengan dunia luar :). Di sini kalian tidak memerlukan program atau plugin tambahan, karena secara default windows 7 mempunyai kemampuan untuk itu.
Berikut merupakan langkah-langkahnya.
  1. Masuk ke Control Panel
  2. Start > Control Panel

  3. Pilih View network Status and tasks



  4. Pilih Set up a new connection or network



  5. Buat Ad Hoc
  6. Pilih Set up wireless ad hoc (computer-to-computer) network


  7. Masukkan network name dan security key



  8. Network name merupakan nama dari wireless yang kita buat. Jika kalian tidak menginginkan menggunakan password pada saat ada orang yang masuk network tersebut, gunakan No Authentication (open) pada pilihan Security type. Saya lebih menyarankan untuk menggunakan security, WEP atau WPA2-Personal. Tiap security tersebut memiliki security key yang berbeda, untuk mengetahuinya kalian bisa geser kursor pada kolom Security key.



  9. Pilih Save this network
  10. Klik next
  11. Tunggu hingga prosesnya selesai
Sekarang kalian sudah memiliki wireless pribadi. Wireless yang kalian buat bisa juga digunakan untuk bermain LAN game antar komputer, misalnya game DoTA, Counter Strike, atau game yang mempunyai fasilitas LAN. Untuk mengaktifkannya kalian cukup melihat icon wireless di pojok kanan bawah. Klik icon tersebut, kemudian klik nama wireless yang telah kalian buat tadi, klik connect. Jangan lupa enable-kan dulu wirelessnya (ada beberapa laptop yang wirelessnya di disable secara default, jadi harus dinyalakan dulu). Jika sudah, kalian akan melihat tulisan Waiting for users di samping nama wireless tadi.


Ini menandakan kalian siap menerima beberapa komputer untuk bergabung dengan wireless tersebut.

Artikel blog ini bebas disebarluaskan, yang penting jangan lupa sertakan link aslinya.


0 komentar:

Posting Komentar

bisnis paling gratis

Archives

Pengikut

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More