Yah, bagi yang senang menulis secara online, terutama menulis yang bersifat penjualan, maka tentu anda sudah tidak asing lagi dengan istilah “copywriting”.
Betapa tidak, copywriting adalah sebuah keahlian yang sangat diperlukan bila ingin menjual banyak produk melalui sebuah website, atau email atau bahkan lewat brosur, dan berbagai media yang lain.
Bila kita menguasai menulis surat penjualan alias copywriting, maka kita bisa dengan mudah menggerakkan banyak produk yang kita miliki untuk berpindah ke tangan pembeli baik offline dan online.
Tentu saja ini menjadi sangat menarik jika anda ingin menjual segudang produk dan jasa di Internet bukan?
Keahlian yang satu ini dapat membedakan antara website yang menjual berton-ton produk dengan website yang tidak dapat menjual apapun atau sedikit sekali produk-jasa.
Dan kita tidak sedang membicarakan kunjungan yang banyak. Karena sekalipun website kita kedatangan banyak sekali kunjungan, namun tanpa “ilmu copywriting” yang baik tetap saja kunjungan yang banyak tadi tidak akan menolong.
Istilahnya konversinya akan menjadi sangat rendah. Di dalam bisnis online, kita bisa dikatakan cukup bagus jika bisa menjual 2 produk dari setiap 100 pengunjung. Nah lalu apa yang membedakan antara seseorang yang bisa mempunyai 2% konversi penjualan dengan yang mempunyai 1% atau bahkan 5% konversi?
jawabannya adalah pada kemampuan “copywriting”-nya.
Tidak heran jika diluaran sana, seorang penulis copywriting atau “copywriter” bisa mendapatkan penghasilan sampai $15.000/halaman website yang ia tulis sales copynya.
Dahsyat kan? Nah jika anda belajar banyak mengenai copywriting, anda akan mendalami berbagai hal seksi berikut ini:
- Mengerti psikologi kenapa orang membeli.
Apa yang membuat orang membeli produk-jasa. :) mengerti ini akan membuat anda dapat menyusun naskah web yang sesuai dengan penyebab kenapa orang membeli produk-jasa.
- Mengerti mengapa orang tidak membeli produk-jasa tertentu.
Ada sebab kenapa orang tidak membeli ketika mereka membaca naskah web di sebuah website. Tahukah anda apa itu? Jika anda tahu penyebab kenapa orang tidak membeli, maka anda bisa menghindari penyebab itu dan fokus kepada penyebab kenapa mereka membeli.
- Kenapa melakukan riset sebelum menulis naskah web anda itu sangat penting. :)
Dengan melakukan riset, mengenai produk-jasa yang diinginkan orang, dengan mengerti apa yang menjadi problem mereka, dan menulis naskah web yang sesuai dengan bahasa mereka, anda akan menghasilkan naskah web yang lebih persuasive dibandingkan jika anda tidak tahu apa mau mereka.
- Kenapa sebuah naskah web harus memiliki sebuah “headline” dan kenapa headline adalah hal terpenting yang harus anda habiskan banyak waktu untuk membuatnya sangat baik.
Headline ibarat kepala, website tanpa headline sama seperti tubuh yang tanpa kelapa. :) Nah bayangkan, nggak menarik kan? Anda akan belajar banyak tehnik membuat headline yang ampuh loh jika anda suka dengan copywriting.
- Psikologi dibalik kenapa orang membeli produk dengan terburu-buru karena takut kehabisan, kenapa kita perlu menjelaskan setiap pernyataan yang kita buat di website kita.. meletakkan fokus kepada keinginan prospek… dlsbnya.
Asyik kan? wow.. buat saya itu sesuatu yang sangat dahsyat sekali. Keahlian yang ketika kita kuasai akan membiayai kita seterusnya karena keahlian ini bisa kita pergunakan seumur hidup kita.
Wah berharga bukan untuk menjadi bagus di “copywriting”?
Selamat belajar!