Jumat, 11 Maret 2011

Tips Desain Website

Sebelum saya melanjutkan, apakah anda mempunyai pertanyaan-pertanyaan seperti ini?
  • Inginkah anda membuat website penjualan yang menarik? Istilah kerennya adalah killer minisite?
  • Tahukah anda cara membuat banner dengan warna dan disain yang keren?
  • Inginkah anda membuat header website yang sekaligus cantik dan menjual?
Saya akan bagikan TIPS sehingga anda bisa disain sendiri Website Dan Olah Gambar, dengan kedua tangan anda sendiri, mau?
Saya akan bagikan software apa yang saya gunakan, dan saya sudah pilihkan yang menurut saya " Terbaik " yang ada dipasaran, sehingga anda tidak perlu menjadi bingung dengan software apa yang seharusnya anda pergunakan untuk membuat website dan disain gambar yang keren. Siap?
Sebelumnya, kita bicara persiapan dulu yah.
Disain website yang baik, itu MUDAH! Tanamkan ini dikepala anda terlebih dahulu kawan. Karena jika anda sudah ketakutan terlebih dahulu, maka anda sungguh-sungguh akan menemukan bahwa disain website itu susah. Anda mau mudah atau susah? Saya harapkan anda katakan dengan keras: " MUDAH!"
Kenapa mudah? saya akan berikan ALASANNYA sebentar lagi. Tapi Ingat satu saja: " Disain website itu MUDAH! "
Yang susah adalah pikiran kita sendiri, contoh: Jika anda belum bisa mengendarai sepeda, maka naik sepeda adalah kelihatannya susah bukan? Nah setelah anda berlatih, apakah naik sepeda susah? Tidak lagi, menjadi MUDAH!
Inilah kenapa!
1. Disain website penjualan, atau website bisnis di Internet, itu tidak mengharuskan anda berbakat atau mengerti banyak tentang disain.
Anda bahkan bisa menggunakan template yang sudah ada banyak di Internet. Hanya merubah sedikit tulisannya saja, merubah sedikit warna backgroundnya, maka Anda sudah mendapatkan header atau banner yang berbeda dengan yang lain dan INDAH. Jika anda tidak tahu caranya, tenang saja, ikuti saja dulu apa yang saya katakan.
2. Tools ( alat/software) untuk mendisain website saat ini, sudah begitu canggih, sehingga bahkan siapa saja, dengan sedikit pengetahuan cara menggunakan Tools itu, bisa membuat disain website yang bagus.
3. Disain website penjualan itu tidak perlu dipenuhi banyak disain yang canggih-canggih, bahkan cenderung sangat sederhana.
Tahukah anda bahwa yang terpenting pada sebuah website penjualan adalah bukan pada gambarnya? Bukan pada disainnya, melainkan pada: Tulisannya!
Percayakah anda bahwa yang menjual pada website anda bukanlah gambar atau disainnya, melainkan: " Teks atau Kalimat penjualannya?!"
Nah, bukankah hal ini lebih membuat anda plong dan berdaya guna, bahwa anda tidak harus menjadi seorang disainer hebat hanya untuk membangun sebuah bisnis online yang sukses?
Bukankah sangat membebaskan anda, mengetahui bahwa tanpa kemampuan disain sekalipun anda tetap bisa membangun bisnis online yang BESAR?
Bukankah luarbiasa bila anda, tanpa pengetahuan atau keahlian disain yang baik sekalipun anda tetap bisa
4. Anda bahkan tidak harus membuat sendiri disain anda di Bisnis Online, anda bisa serahkan ke ahlinya ( Outsourcing ).
Jika mau jujur, ada banyak sekali pebisnis online yang tidak mendisain sendiri website penjualannya, atau blognya, mereka menggunakan jasa dari ahlinya, tanpa mereka berusaha menjadi ahli disain, atau bahkan programming sekalipun.
Anda bisa melihat ada ribuan ahli disain, ahli programming yang bisa anda gunakan jasanya di http://scriptlance.com
Tugas anda hanya, tanyakan kepada mereka, buat penawaran, apa yang anda ingin buat, dan biarkan mereka berlomba satu sama lain memberikan harga terbaik kepada anda, dan dengan santainya, anda bisa memilih salah satu yang paling sesuai, untuk mendisain website/blog anda.
Jadi, jika anda sama sekali tidak tahu, atau tidak mau tahu mengenai mendisain website, maka: " Serahkan saja pada ahlinya ".
Atau mungkin anda bisa disain, tapi anda tidak punya waktu untuk melakukannya, karena anda fokus dengan kegiatan meriset produk dan membuat produk anda, maka anda bisa mencari orang yang bisa membantu anda pada bagian disain saja. :)
Tahukah anda bahwa pebisnis online yang sukses, biasanya tidak bekerja sendirian? mereka biasanya mempunyai " The Man Behind The Gun " Yang turut membantu bisnisnya. Seorang staff, atau bahkan disainer freelance yang mereka bisa pergunakan jasanya, kapan saja mereka ingin membuat disain.

Lalu bagaimana jika anda tidak punya banyak uang untuk membayar staff atau outsourcing, namun anda punya banyak waktu dan kemauan untuk mencoba mendisain website anda sendiri?

Apakah ada pebisnis online yang mencoba mengerjakan segalanya sendirian? dan dengan sedikit waktu akhirnya bisa melakukan banyak keahlian dasar di bisnis online sendirian? Ya, saya tahu beberapa dari mereka. Mereka bisa melakukan hampir semua kegiatan bisnis onlinenya sendiri, termasuk disain web dan gambar. HEBAT? Biasa saja kok.
Anda hanya perlu belajar dan menukar waktu anda dengan keahlian dasar tersebut, dan orang ini suka belajar dan rela walaupun harus sedikit agak lama, menguasai semuanya. Toh mereka juga akan terus menerus berada di bisnis online, kenapa tidak sekaligus belajar semua hal dasar tersebut, sehingga mereka tahu caranya, sehingga suatu kali mereka bisa lakukan sendiri hal tersebut tanpa harus mendelegasikannya ke orang lain.
Masuk akal huh? :)
Nah dengan apa saya mendisain website saya, iklan baris saya, blog saya, minisite saya, banner saya, header saya?
1. Macromedia Dreamweaver
2. Macromedia Fireworks
Anda bisa melihat contohnya di hotseleb.com/belajar
Berikut adalah beberapa banner dan header yang saya buat dengan Macromedia Fireworks.
Beberapa orang bertanya kepada saya, wah pak Kus, headernya bagus ya, dengan apa disainya? yah dengan Macromedia Fireworks.


0 komentar:

Posting Komentar

bisnis paling gratis

Archives

Pengikut

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More